Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Sewa PLTU di Lombok Selama 9 Tahun

Kompas.com - 27/09/2012, 20:09 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  PT PLN (Persero) akan menekan pemakaian bahan bakar minyak pada sejumlah pembangkit listrik di Pulau Lombok. PLN akan menyewa pembangkit listrik tenaga uap kapasitas 2 x 33 megawatt (MW) berbahan bakar batubara di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, selama sembilan tahun. Harga sewanya 5,7 sen dollar AS per kWh. 

Pembangkit listrik itu akan dibangun PT Poeser Indonesia bekerja sama dengan Shandong Machinery dan Equipment I/E Group Corporation di lokasi PLTU Jeranjang yang saat ini sudah beroperasi di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini tertuang dalam dokumen kontrak PLTU sewa 2 x 33 MW yang ditandatangani Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji dan Direktur Utama PT Poeser Indonesia Bima H Sumawijaya, Kamis (27/9/2012), di Kantor PLN Pusat, Jakarta.

"PLTU akan dibangun di sekitar lokasi PLTU yang sudah beroperasi. Saya harapkan bisa beroperasi komersial sesuai jadwalnya, yaitu 24 bulan setelah kontrak atau akhir tahun 2015," kata Nur.  

Direktur Pengadaan Strategis PLN Bagiyo Riawan  menambahkan, pengerjaan proyek diharapkan bisa sesuai jadwal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com