Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Pelantikan Gubernur DKI Jadi Rp 499.407.000

Kompas.com - 27/09/2012, 16:21 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk memotong anggaran pelantikan gubernur terpilih karena permintaan dari banyak pihak. Pelantikan gubernur ini rencananya akan dilakukan pada 7 Oktober mendatang jika tak ada gugatan pada hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, mengatakan, anggaran pelantikan dipangkas hampir setengahnya menjadi Rp 499.407.000. Sebelumnya, alokasi dana dalam APBD DKI tercatat Rp 822.000.000 untuk keperluan pelantikan ini.

"Kami sudah rapat dengan Komisi A dan disepakati untuk memotong anggaran pelantikan," kata Mangara saat dijumpai di Gedung DPRD DKI, Kamis (27/9/2012).

Dia menjelaskan, pihaknya sempat memotong anggaran pelantikan menjadi Rp 626.000.000. Pemotongan ini dilakukan dengan menghilangkan sejumlah hiburan yang telah direncanakan seperti paduan suara, penyanyi ibu kota dan Keroncong Tugu.

"Anggaran tersebut masih dinilai cukup besar. Kami rapat lagi dengan Komisi A dan melakukan pemotongan lagi," ungkap Mangara.

Pemotongan anggaran tahap kedua ini, lanjutnya, dilakukan dengan mencoret anggaran snack untuk tamu undangan dan mengurangi jumlah konsumsi petugas keamanan yang sebelumnya 500 orang menjadi 250 orang.

"Konsumsi petugas pengamanan kami kurangi jadi 250 orang saja, yaitu 150 dari aparat kepolisian dan 100 dari Satpol PP DKI. Karena suasana diprediksi tetap kondusif mengingat gubernur yang sekarang juga sudah legowo," kata Mangara.

Berita terkait dapat dibaca di topik : PILKADA DKI 2012

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com