Kabut Asap Terus Bertahan

Kompas.com - 26/09/2012, 15:57 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAMBI, KOMPAS.com -- Kabut asap kebakaran lahan dan hutan terus bertahan di Jambi. Jarak pandang tidak kunjung membaik sejak pagi hingga sore, Rabu (26/9/2012).

Jarak pandang sejak pukul 06.00 WIB hingga 15.00 masih bertahan pada 1.000 meter. Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi, udara di Jambi dan sekitarnya diselimuti kabut asap.

Kondisi bahkan sempat memburuk pada pukul 07.00, jarak pandang hanya 700 meter. Selanjutnya, jarak pandang tidak lebih dari 1.000 meter hingga sore ini. Padahal, pada hari-hari sebelumnya jarak pandang kembali normal di atas pukul 11.00.

Koordinator Bidang Pengkajian dan Informasi BMKG Jambi, Kurnianingsih mengatakan, rendahnya kecepatan angin diduga sebagai penyebab kabut asap bertahan. "Kecepatan angin di bawah 5 knot per jam, sehingga cenderung pergerakan udara sangat lemah," katanya.

Jumlah titik panas yang terpantau Satelit NOAA pada hari ini tidak sebanyak biasanya. Titik panas hanya dua titik di wilayah Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, dan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X