Bencana ISPA akibat Kabut Asap

Kompas.com - 24/09/2012, 16:42 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAMBI, KOMPAS.com — Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) meningkat drastis di Jambi akibat pekatnya kabut asap kebakaran lahan belakangan ini.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi mencatat, selama bulan September ini, hingga pekan ketiga, jumlah penderita ISPA sudah mencapai lebih dari 3.000 orang.

"Itu baru data yang terkumpul untuk wilayah Kota Jambi, Muarojambi, Tanjung Jabung Timur, dan Tebo," ujar Andi Pada, Kepala Dinkes Provinsi Jambi, Senin (24/9/2012) ini.

Dia menambahkan, jumlah penderita ISPA pada Agustus lalu bahkan mencapai lebih dari 10.000 orang.

Menurut dia, tingginya jumlah penderita ISPA ini disebabkan kabut asap tebal yang menyelimuti Provinsi Jambi.

Dari hasil pengukuran indeks standar pencemaran udara (ISPU), tercatat saat ini sudah mencapai angka 96. Angka itu hampir mendekati kategori tidak sehat. "Jika sudah mencapai angka di atas 100, kami akan buat imbauan agar anak sekolah diliburkan," ujar Andi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X