Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Hutan, Tiap Hari Siswa Kesurupan

Kompas.com - 24/09/2012, 15:40 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Aktivitas belajar mengajar di SMA Negeri 5 Kairatu Desa Hualoy Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dalam sepekan ini selalu tertanggu menyusul adanya peristiwa kesurupan puluhan siswa di sekolah tersebut. Anehnya, meski sudah dirukiah oleh sejumlah guru sejak hari pertama kejadian itu, namun puluhan siswa di sekolah itu tetap saja ada yang kesurupan.

Salah seorang guru SMA Negeri 5, Zainal Wakano kepada Kompas.com, Senin (24/9/2012) melalui telepon selulernya mengatakan, sudah sepekan ini puluhan siswa di sekolahnya mengalami kesurupan. Ironisnya, yang kesurupan hanya siswa perempuan.

Ia mengakui, siang tadi, Senin (24/9/2012) puluhan siswa lainnya juga ikut kesurupan. Peristiwa itu terjadi saat seluruh siswa tengah besiap untuk apel pulang.

"Sudah satu pekan ini, puluhan siswi setiap hari mengalami kesurupan di sekolah ini, kita sudah merukiyah mereka, tapi tetap sama saja, besoknya ada lagi," kata Wakano.

Ia mengungkapkan, akibat peristiwa itu, aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut sangat terganggu. Di sejumlah ruangan bahkan tidak ada proses belajar mengajar sama sekali. Menurutnya, akibat seringnya siswa kesurupan, banyak guru yang sampai kebingungan untuk mengatasinya.

"Kita sampai bingung untuk mengatasi masalah ini, masak setiap hari puluhan siswa selalu saja kesurupan," ujarnya.

Sekolah tersebut sendiri kata Wakano berada di hutan desa tersebut. "Sekolah ini memang berada di hutan. Jarak dari perkampungan dengan sekolah kita sekitar 5 kilometer," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com