Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketiga Balongub Sulsel Terima Rekomendasi Tim Dokter

Kompas.com - 23/09/2012, 18:26 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga pasangan bakal calon (balon) Gubernur Sulawesi Selatan menerima rekomendasi dari tim dokter private center RSUP Wahidin Sudirohusodo, setelah menjalani cek kesehatan, Minggu (23/9/2012).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Jayadi Nas beserta anggotanya mengawasi jalannya pemeriksaan kesehatan tersebut dan bergabung dengan anggota tim kemenangan yang menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dari tim kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel.

Ketiga pasangan balon Gubernur Sulsel yakni, petahana Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garudana).

Sebelumnya, mereka dijadwalkan pemeriksaan kesehatan di hari yang berbeda, namun ketiga pasangan balon mengikuti tahap ini di hari minggu karena tak mau aktivitas harian di hari kerja terganggu.

Dalam pemeriksaan kesehatan itu, ketiga pasangan balon Gubernur Sulsel ini menjalani serangkaian tes, seperti tes darah, jantung, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), kejiwaan, pemeriksaan kelamin dan lainnya.

Pemeriksaan dimulai dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 02.00 Wita yang dikawal oleh masing-masing pendukung yang menunggu di halaman Private Center RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Seperti yang dikemukan Ilham, --yang pertama selesai menjalani pemeriksaan tim dokter,  ia mendapat surat rekomendasi dari tim dokter untuk diserahkan ke KPU sambil menunggu hasil pemeriksaan dalam tubuh lainnya. "Alhamdulillah, semua sudah selesai cek kesehatannya dan saya mendapat surat rekomendasi tim dokter. Mengenai surat keterangan tim dokter tentang cek kesehatan dalam, menyusul belakangan yang kemudian diserahkan ke KPU Sulsel," katanya.

Senada denganm itu, Syahrul pun mengaku ia dan pasangannya pun mendapat rekomendasi dari tim dokter. "Kami ini sehat, makanya kami dapat rekomendasi rekomendasi tim dokter," katanya saat menemui wartawan depan pintu keluar Private Center RSUP Wahidin Sudirohusodo yang disambut teriakan tim pendukung "Don't Stop Komandan".

Pasangan Sayang ini pun menemui dan bersalaman yang massa yang berada di sana, termasuk aparat keamanan yang setia menjaga keamanan selama pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu, Andi Rudyanto Asapa yang dikenal dengan perokok dan peminum kopi ini pun mendapat rekomendasi dari tim dokter untuk ikut bersaing di pemilihan Gubernur Sulsel yang sebentar lagi dilaksanakan. Kondisi kesehatannya pun dinyatakan sehat untuk sementara sambil menunggu hasil pemeriksaan kesehatan bagian dalam.

"Kami pun dapat surat rekomendasi tim dokter kesehatan IDI Sulsel," tandasnya.

Jayadi Nas yang ditemui di sela-sela pemeriksaan kesehatan pasangan balon Gubernur Sulsel ini mengaku tidak mempunyai kewenagan dalam pemeriksaan kesehatan. Pihak KPU Sulsel sisa menunggu surat rekomendasi dari tim dokter serta hasil verifikasi yang dilakukan timnya sementara ini.

"Kalau mengenai pemeriksaan kesehatan mereka, kita sisa menunggu hasilnya. Sedangkan kalau ferivikasi partai pendukung ganda pasangan balon Gubernur, kita akan kembalikan berkasnya untuk diperbaiki. Jadi verifikasi belum final dan kita masih menunggu hasilnya," kata Andi.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik "Pilgub Sulsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com