Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke-Teten Maju ke Pilkada Jabar

Kompas.com - 23/09/2012, 11:03 WIB
Sutta Dharmasaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memenangi Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, pasangan Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki diduga akan meramaikan Pilkada Jabar.

Rieke dikenal sebagai tokoh perempuan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang getol memperjuangkan perbaikan kesejahteraan buruh, sementara Teten dikenal sejak lama sebagai tokoh nasional yang gigih memerangi korupsi di negeri ini.

Ketika dikonfirmasi soal wacana ini, Rieke membenarkan bahwa dirinya siap untuk ditugaskan dalam Pilkada Jabar. Namun, soal posisinya, dia menyerahkan hal itu kepada mekanisme partai. "Saya sebagai kader partai siap ditugaskan untuk berjuang," kata Rieke.

Dia juga berharap, seperti halnya yang terjadi pada Pilkada DKI, PDI Perjuangan bisa kembali menebarkan nilai-nilai positif untuk pengembangan demokrasi di Jabar, yaitu dengan memutus politik transaksional.

Sama dengan Rieke, Teten juga membenarkan bahwa beberapa orang mulai menjodohkan dirinya dengan Rieke. "Tapi saya ini enggak punya uang," kata tokoh antikorupsi itu sambil tersenyum.

Namun, dia yakin fenomena Pilkada DKI Jakarta yang dimenangkan Jokowi-Ahok bisa menular juga ke daerah lain di seluruh Indonesia.

Apabila duet ini terwujud, Rieke akan berhadapan dengan Ahmad Heryawan (petahana gubernur Jabar) yang dijagokan Partai Keadilan Sejahtera, juga berhadapan dengan Dede Yusuf (petahana wagub Jabar) yang akan diusung Partai Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com