Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

49 Bayi di Sulut Terinfeksi HIV/AIDS

Kompas.com - 22/09/2012, 11:17 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -  Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulawesi Utara, dr Tangel Kairupan, Sabtu (22/9/2012) melansir data sebanyak 49 bayi di Sulawesi Utara berusia di bawah lima tahun mengalami infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).

"Jumlah bayi terpapar AIDS merupakan akumulasi tahun 1997 hingga 2012. Angka bayi tertular AIDS terus bertambah setiap tahun," kata Tangel.

Ia merinci balita terinfeksi HIV/AIDS di umur satu tahun sebanyak 18 orang, empat bayi di antaranya mengidap HIV dan sisanya 14 bayi mengidap AIDS. Balita berumur di antara 14 tahun, berj umlah 31 orang, 13 bayi di antaranya mengidap HIV dan 18 bayi mengidap AIDS.

Tangel menduga alur infeksi berasal dari ibu ketika menyusui. Oleh karena itu, begitu diketahui ibu mengandung dalam kondisi mengidap HIV/AIDS, ada terapi khusus yang dilakukan sehingga anak yang lahir tidak akan terinfeksi seperti ibunya.

Ia lantas menjelaskan terapi khusus yang dimaksud itu adalah Prevention of Mother to Child Transmission (PMTCT), yakni ibu hamil akan diberikan obat khusus sehingga tidak mengganggu janin.

"Kami berharap ibu-ibu yang mengidap HIV/AIDS agar bisa melakukan terapi khusus sehingga tidak terjadi transmisi penyakit kepada janin di kandungnya," katanya.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menyebut jumlah pengidap HIV/AIDS sebanyak 979 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com