Kompas.com - 21/09/2012, 21:22 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Polda Jatim kembali menangkap pelaku kerusuhan Sampang. Kali ini adalah Hadiri (62). Selain sebagai provokator, dia diduga sebagai orang yang menyabetkan celurit pada salah seorang korban kerusuhan, Hamamah. Hadiri ditangkap semalam di lokasi pelariannya di Dusun Gelagah Arum, Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

''Tersangka kami tangkap saat bersembunyi di rumah rekannya di Lumajang kemarin sekitar pukul 11.00 WIB,'' kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib Jumat (21/9/2012).

Tertangkapnya warga Dusun Nangkernang, Desa Karanggayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang itu melengkapi empat tersangka yang tertangkap sebelumnya yakni Rois Al Hukama, Saniwan, Muchsin, dan Sarifin Hadiri kata Hilman bukan orang terakhir yang diburu polisi. Masih ada empat tersangka lagi yang kini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO). Keempatnya berinisial MS, MH, Z dan H.

"Keempatnya warga kecamatan Omben, dan diduga kuat terlibat dalam pengeroyokan Hamamah,'' ujarnya. Lima tersangka ini dijerat dengan pasal 351 KUHP ayat 3, 338 KUHP, dan 340 KUHP. Mereka terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Kerusuhan Sampang jilid II meletus sepekan setelah Idul Fitri 2012 bulan lalu. Kerusuhan buntuk konflik aliran agama yang ditunggangi konflik keluarga ini menyebabkan 2 orang korban tewas, 7 orang terluka dan 37 rumah ludes terbakar.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X