Kompas.com - 21/09/2012, 19:10 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDUNG, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat (21/9/2012), menurunkan status Gunung Tangkubanparahu di Jawa Barat dari Waspada menjadi Normal. Hampir satu bulan gunung yang menjadi simbol masyarakat Jawa Barat itu dalam status Waspada.

Kabar tersebut muncul dalam situs resmi PVMBG (http://proxy.vsi.esdm.go.id/index.php) dengan keputusan yang berlaku sejak pukul 17.00. Keputusan ini mengakhiri status Waspada yang ditetapkan sejak 24 Agustus 2012.

Berdasarkan laporan tersebut, PVMBG mendapati beberapa parameter di Gunung Tangkubanparahu menunjukkan perbaikan. Pengamatan visual, seperti aktivitas kegempaan, dan deformasi, juga pengamatan geokimia seperti suhu asap sulfatara, suhu dan tingkat keasaman air, gas ambien, serta analisis air kawah.

Beberapa parameter yang disebut membaik, seperti gempa vulkanik dangkal yang terekam menurun dan tremor yang terakhir terekam pada 17 September. Suhu sulfatara Kawah Ratu yang sempat mencapai 286 derajat celsius pada 11 September kini 100,6 derajat celsius.

Begitu pula konsentrasi gas sulfur dioksida yang sempat melampaui batas aman bagi kesehatan, yakni 2 par per million, kini sudah tidak lagi.

Dengan penurunan status tersebut, PVMBG tetap mengeluarkan rekomendasi, seperti melarang wisatawan atau siapa pun untuk turun ke dasar Kawah Ratu dan menginap di kawasan kawah aktif di kompleks Gunung Tangkubanparahu pada saat cuaca mendung karena dikhawatirkan konsentrasi gas kembali meningkat. Selain itu, mereka juga meminta masyarakat mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan tidak mudah termakan isu mengenai gunung yang akan meletus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.