Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Ini, Satu Dekade Jakarta Free Day

Kompas.com - 21/09/2012, 18:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 150 kota di berbagai negara akan memperingati Car Free Day International yang jatuh pada 22 September nanti. Jakarta sebagai salah satu kota yang juga menerapkan program ini juga ikut memperingatinya dalam rangka "Satu Dekade Jakarta Car Free Day".

Kepala Bidang Pelestarian dan Tata Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta (Kepala BPLHD DKI Jakarta) Rusman Sagala mengatakan, peringatan tersebut memiliki pesan yang ingin disampaikan.

"Ini bisa jadi trigger untuk meningkatkan kualitas udara melalui penurunan penggunaan kendaraan bermotor," kata Rusman, saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Jumat (21/9/2012).

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dari Car Free Day ini untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada penggunaan kendaraan bermotor. Dengan demikian, masyarakat dapat mulai membiasakan diri untuk menggunakan angkutan umum massal atau berjalan kaki.

"Harapannya tentu agar Car Free Day ini dapat berlangsung secara konsisten dan konsekuen," ujar Rusman.

Ia menjelaskan bahwa sebanyak 30 kota dan kabupaten di Indonesia juga sudah mengadopsi pelaksanaan Car Free Day di Jakarta. Sebut saja Solo, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Bogor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com