Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dilarang Beraktivitas Dekat Kawah Tompaluan

Kompas.com - 21/09/2012, 14:47 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Terkait dengan aktivitas Gunung Lokon yang dalam sepekan telah beberapa kali meletus, Kepala Pos Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina meminta agar warga tidak melakukan aktivitas pada radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan, Lokon.

"Aktivitas Lokon saat ini masih cukup tinggi, hal ini ditandai dengan terjadinya gempa vulkanik di gunung itu, yang bisa mengakibatkan Lokon sewaktu-waktu dapat meletus ulang," kata Farid, Jumat (21/09/2012).

Pagi tadi pukul 10.20 Wita Lokon kembali meletus dengan lontaran abu vulkanis 2500 meter ke udara. Letusan tersebut mengakibatkan beberapa wilayah di sekitar Lokon termasuk Kota Manado dihujani abu.

Status Gunung Lokon sendiri hingga saat ini masih berada dalam level siaga III. Level Siaga ini sudah cukup lama ditetapkan sejak pasca letusan pada tahun 2011 lalu.

Warga yang berada di Kinilow, yang merupakan daerah terdekat dengan kawah Tompaluan diminta untuk tetap waspada dan bersiaga. "Letusan bisa terjadi kapan saja," ujar Camat Tomohon Utara FH Lantang.

Di sisi lain warga Kakaskasen sudah mulai terbiasa dengan letusan Lokon yang sering terjadi. "Karena sudah beberapa kali meletus kami sudah tidak panik lagi. Semoga tidak ada letusan dahsyat," ujar Yulin Tangkawarouw warga Kakaskasen III. 

***
Berita terkait dapat diikuti dalam topik: Gunung Lokon Meletus Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com