Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Basuki Unggul, Prijanto Angkat Bicara

Kompas.com - 20/09/2012, 23:04 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menilai, sosok Jokowi memiliki karakter yang disenangi oleh masyarakat. Karakter yang melekat kuat tersebut, menurut dia, membuat Jokowi unggul dalam perolehan suara berdasarkan perhitungan cepat sejumlah lembaga saat ini.

"Jokowi memilik karakter itu benar. Tampaknya pemilih menyenangi karakter itu. Kemenangan ini merupakan mandat rakyat yang diberikan kepada Pak Jokowi," kata Prijanto di rumahnya di Jalan Otista III, Cipinang Cimpedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (20/9/2012) malam.

Dia menilai tidak hanya visi misi yang membuat Jokowi bersama pasangannya, Basuki, unggul saat ini. Ia menilai, masyarakat saat ini menginginkan suatu perubahan di Jakarta. "Mungkin lebih melihat periode Pak Fauzi dengan saya tidak memenuhi harapan, sedangkan yang didengung-dengungkan sekarang bersama Pak Jokowi itu kan perubahan," ujar Prijanto.

"Kalau saya mengutip penjelasan Pak Jokowi bahwa segala sesuatu itu kalau komunikasinya baik, dikomunikasikan itu untuk rakyat, dan yang dipublikasikan media itu untuk rakyat, siapa pun tidak akan bisa menolak," katanya.

Prijanto mengatakan, Jokowi perlu segera mempelajari seluk beluk Jakarta dan membangun komunikasi dengan berbagai institusi. Jokowi, sambungnya, juga harus bisa meyakinkan semua pihak, baik masyarakat, partai pendukung, maupun bukan pendukung, bahwa beliau adalah gubernur milik semua pihak.

"Harus dihindarkan predikat seolah-olah Pak Jokowi gubernur salah satu golongan,  beliau gubernur semua golongan dan masyarakat Jakarta," kata Prijanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com