Kompas.com - 20/09/2012, 23:04 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menilai, sosok Jokowi memiliki karakter yang disenangi oleh masyarakat. Karakter yang melekat kuat tersebut, menurut dia, membuat Jokowi unggul dalam perolehan suara berdasarkan perhitungan cepat sejumlah lembaga saat ini.

"Jokowi memilik karakter itu benar. Tampaknya pemilih menyenangi karakter itu. Kemenangan ini merupakan mandat rakyat yang diberikan kepada Pak Jokowi," kata Prijanto di rumahnya di Jalan Otista III, Cipinang Cimpedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (20/9/2012) malam.

Dia menilai tidak hanya visi misi yang membuat Jokowi bersama pasangannya, Basuki, unggul saat ini. Ia menilai, masyarakat saat ini menginginkan suatu perubahan di Jakarta. "Mungkin lebih melihat periode Pak Fauzi dengan saya tidak memenuhi harapan, sedangkan yang didengung-dengungkan sekarang bersama Pak Jokowi itu kan perubahan," ujar Prijanto.

"Kalau saya mengutip penjelasan Pak Jokowi bahwa segala sesuatu itu kalau komunikasinya baik, dikomunikasikan itu untuk rakyat, dan yang dipublikasikan media itu untuk rakyat, siapa pun tidak akan bisa menolak," katanya.

Prijanto mengatakan, Jokowi perlu segera mempelajari seluk beluk Jakarta dan membangun komunikasi dengan berbagai institusi. Jokowi, sambungnya, juga harus bisa meyakinkan semua pihak, baik masyarakat, partai pendukung, maupun bukan pendukung, bahwa beliau adalah gubernur milik semua pihak.

"Harus dihindarkan predikat seolah-olah Pak Jokowi gubernur salah satu golongan,  beliau gubernur semua golongan dan masyarakat Jakarta," kata Prijanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.