Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Letusan Gunung Api Suburkan Tanah

Kompas.com - 20/09/2012, 21:39 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung mengatakan, dampak lainnya dari letusan vulkanik gunung api adalah menyuburkan tanah.

"Sudah pasti letusan gunung api seperti Gunung Lokon di Kota Tomohon, Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan memberikan dampak positif meningkatkan kesuburan tanah," kata Makarawung, di Manado, Kamis (20/9/2012).

Dia mengatakan, kebanyakan areal pertanian dan perkebunan warga letaknya di sekitar tiga gunung api aktif, sehingga kerap mengalami kerusakan apabila terjadi erupsi.

Berkaitan dengan hal tersebut, petani yang melakukan aktivitas di sekitar kawah dan masuk radius bahaya gunung api, harus memperhitungkan keselamatannya sehingga tidak terkena dampak letusan.

Dia mengatakan, untuk aktivitas pertanian di lereng Gunung Lokon tetap memperhitungkan apakah lokasi pertanian atau perkebunannya berada di radius bahaya 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan.

Begitu dengan radius bahaya Gunung Soputan yaitu 6,5 kilometer dari kawah, dan Gunung Karangetang yang areal pertanian dan perkebunannya sudah berada di lereng.

"Bila lokasi pertanian dan perkebunannya berada di luar radius bahaya, tidak jadi persoalan. Tapi khusus yang berada di radius bahaya harus memperhatikan hal ini. Karena ancaman letusan sangat serius," ungkapnya.

Makarawung juga berharap, warga tetap mendengar informasi-informasi berkaitan dengan kegiatan tiga gunung ini dari pemerintah daerah, dan tidak mendengar informasi-informasi sepihak yang berkembang di masyarakat.

Sebab menurut dia, ketika terjadi peningkatan aktivitas, instansi di daerah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan menyampaikannya kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan.

"Di kelurahan atau desa juga demikian, ada informasi yang akan diberikan pemerintah bila aktivitas gunung meningkat. Jangan sampai mempercayai informasi dari mulut ke mulut karena tidak akurat," harapnya.

Gunung Soputan, Lokon dan Karangetang statusnya masih siaga level III dan masih menunjukkan aktivitas vulkanik berupa letusan serta ada yang diiringi luncuran lava pijar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com