Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Sepeda Kompas Dinantikan di Labuan Bajo

Kompas.com - 20/09/2012, 13:32 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Tim Jelajah Sepeda Kompas Bali - Komodo sangat dinatikan kehadirannya di Labuan Bajo, kota Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Acara adat khas Manggarai Raya bernama manuk kapu agu tuak curu akan mewarnai penyambutan tim yang dijadwalkan tiba di Labuan Bajo Minggu (23/9/2012) petang.

Wujud acara adat itu berupa penyerahan seekor ayam jantan dan tuak (biasanya dari hasil sadapan nira aren dalam wadah khusus disebut tawu) dari tuan rumah kepada sang tamu.          

Pelaksanaan penyambut sedianya dilakukan di dua titik. Pertama, di Pelabuhan Feri di tepi barat Labuan Bajo, sesaat setelah tim sepeda Kompas turun dari kapal penyeberangan feri.

Penyambut berikutnya berlangsung di Rumah Jabatan Bupati di Labuan Bajo, sesaat setelah tim menjelajahi sudut sudut kota tersebut, dilanjutkan makan malam bersama.          

Demikian arahan Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula dalam rapat koordinasi dengan jajaran terkaitnya di Labuan Bajo, Kamis (20/9/2012). Rapat itu diikuti Sekretaris Daerah, Rofinus Mbon, Asisten 3, Yohanes Jinus, Kepala Dinas Pariwisata, Theodorus Suardi, Kepala Dinas Perindag dan UKM, Edward dan Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom, Dominikus Damsut. Rapat itu khusus menyongsong kehadiran tim Jelajah Sepeda Kompas Bali - Komodo.          

Untuk itu semua, ia menugaskan khusus Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom, Dominikus Damsut agar mengatur dan menata secara rapi rute yang akan dilalui tim sepeda Kompas setiba di Labuan Bajo, Minggu petang. Jika dimungkinkan, seluruh jaringan jalan utama dan jalan pendukungnya dilalui tim jelajah sepeda. Namun kegiatan penjelajahan itu harus didahului pemberitahuan keliling disertai jaringan rute yang akan dilalui.          

"Harapan saya, masyarakat Labuan Bajo semuanya turun ke tepi jalan saat tim sepeda Kompas menjelajahi sudut sudut kota Labuan Bajo. Ini kesempatan berharga dan sangat langka," tuturnya.          

Sementara acara penyambutan secara adat, manuk kapu agu tuak curu, pelaksanaannya menjadi tanggung jawab Kepala Dinas Pariwisata, Thoedorus Suardi.

Selain bagi tim sepeda, juga disiapkan penyambutan serupa bagi mantan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, yang sedianya akan bersama tim Jelajah Sepeda Kompas Bali - Komodo pada etape terakhir, Labuan Bajo - Komodo.          

Bupati juga meminta masyarakat sepeda di Labuan Bajo supaya turut meriahkan dan bergabung dengan tim sepeda Kompas, namun dengan identitas khusus. "Jika ada komunitas sepeda di Labuan Bajo dan dimungkinkan bergabung, saya sarankan agar menggunakan kaos bergambar komodo," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com