Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Jokowi-Basuki Mulai Pantau TPS

Kompas.com - 19/09/2012, 19:22 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah relawan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jokowi-Basuki mulai mendatangi tempat pemungutasn suara sejak Rabu (19//2012) siang tadi. Seperti yang tampak di beberapa TPS di permukiman bekas kebakaran Kelurahan Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Beberapa relawan Jokowi dari Posko Relawan Jokowi, Karet Tengsin, mulai menyebarkan dua relawannya ke setiap TPS di Kelurahan Karet Tengsin.

"Anggota kita sudah mendatangi TPS-TPS sejak proses pembangunan TPS hingga besok, tetapi besok kami tidak jadi saksi, ada orang khusus untuk itu," jelas koordinator relawan Jokowi-Basuki Kelurahan Karet Tengsin, Sumarno, Rabu (19/9/2012).

Relawan Jokowi-Basuki sengaja diturunkan lebih awal ke setiap TPS agar dapat memantau proses pilkada mulai dari pembangunan TPS hingga penghitungan suara.

"Selain mengantisipasi kecungan penghitungan suara, kita juga perlu memantau proses pembuatan TPS, apakah layak pakai, memenuhi standar, enggak curang bikinnya, kita perhatikan semua. Ini, kan, ada dananya dari KPU. Jadi harus diawasi. Nanti kita bikin laporannya," jelas Sumarno kepada Kompas.com, saat memantau pembangunan TPS 22 di RT 04/RW 07 Kelurahan Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Sementara itu, personel dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 22, Sutarno, mengatakan,  pihaknya baru akan mengambil kotak suara sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kita beresin dulu TPS-nya, baru ambil kotak suara, biar enggak kelamaan jaganya. Entar ada polisi juga yang bantu jagain," jelas Sutarno.

Jumlah pemilih di TPS 22 sebanyak 504 orang, tetapi tidak semua undangan pencoblosan suara (formulir C-6) terbagi sebab beberapa orang yang terdaftar dalam DPT telah pindah tempat tinggal akibat kebakaran yang melanda daerah Karet Tengsin beberapa waktu lalu.

"Kami udah sebarin undangan, tapi ada 40 undangan tidak terbagi, orangnya udah pada pindah abis kebakaran, kita kuga enggak tau pindah ke mana," jelas Sutarno.

Namun, kata Sutarno, KPPS akan membawa sisa undangan tersebut ke TPS sehingga calon pemilih yang terdaftar dalam DPT, tetapi belum mendapat formulir C-6 dapat menyalurkan hak suaranya.

Korban kebakaran Karet Tengsin akan dibagi ke tiga TPS, yakni TPS 21, TPS 22, dan TPS 23.

 

Berita terkait Piladak DKI Jakarta juga dapat diikuti di topik: Jakarta 1

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com