Kompas.com - 19/09/2012, 15:28 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SURABAYA, KOMPAS.com -- Lima tenaga alih daya (outsourcing) PT Langgeng Industri Makmur Tbk mogok makan di kompleks patung Gubernur Suryo, depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/9/2012). Aksi ini sebagai bentuk solidaritas perjuangan buruh di pabrik aluminium atas pemberhentian 350 orang buruh pada 18 Agustus 2012.

Perselisihan di perusahaan ini terus berlanjut karena tenaga alih daya diberi upah Rp 1.033.760 per bulan, lebih rendah dari upah minimum Kabupaten Sidoarjo yang Rp 1.252.000 per bulan.

Menurut Akbar Ajis (21), yang sudah tiga tahun berstatus tenaga alih daya di perusahaan itu, selama perselisihan terjadi buruh terus memblokade pabrik yang berada di Bungurasih, Sidoarjo.

Buruh bersama Federasi Serikat Buruh Madani dan Konferensi Serikat Nasional juga telah bertemu Wakil Gubernur Saifullah Yusuf untuk mengadukan soal pemutusan hubungan kerja yang dinilai sepihak.

"Blokade di pabrik dan mogok makan akan berlanjut sampai hak buruh diberikan sesuai ketentuan," kata Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.