Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Saran Dukun, Potongan Kaki Dihanyutkan

Kompas.com - 19/09/2012, 15:07 WIB

BANGKO, KOMPAS.com - Identitas pemilik potongan kaki yang ditemukan hanyut di Sungai Tabir, Bangko, Jambi telah terungkap. Pemilik potongan kaki kiri tak lain adalah Sopian bin Japar (30), warga Mampun, Kecamatan Tabir, dan masih dalam keadaan hidup. Lalu apa yang alasannya membuang potongan kaki sisa amputasi tersebut ke sungai?

Berdasarkan penuturan Kepala satuan Reskrim Polres Merangin, AKP Syamsi Ubai, pada 10 September, sekitar pukul 14.00, korban tertimpa kayu saat menebang pohon di sebuah kebun Desa Kota Rayo, Kecamatan Tabir. Sopian kemudian langsung dibawa ke RSUD Muara Bungo. Lantaran kondisi kaki remuk, maka kaki dokter memutuskan agar kaki diamputasi.

Proses amputasi dilaksanakan Selasa (11/9/2012), sekitar pukul 13.00. Setelah diamputasi, sekitar pukul 18.00, potongan kaki tersebut dikubur di sekitar halaman rumah korban.

"Dua hari kemudian, Sopian merasa kesakitan dan tidak bisa tidur. Dari hasil konsultasi pihak keluarga pada orang pintar, bahwa kaki tersebut jangan dikubur, jika korban masih hidup. Maka keluarga memutuskan untuk menggali lagi dan mengambil kaki yang telah dikubur. Selanjutnya, keponakan korban bernama Agus (26) membuang potongan kaki itu ke Sungai Tabir pada 13 September," tutur Syamsi.

"Kita sudah meminta keterangan korban (Sopian), Agus, dan keluarga lainnya. Mereka sudah mengakui itu. Kita kemudian meminta mereka untuk mengambil potongan kaki di kamar mayat RSUD Abundjani agar dikuburkan," tegasnya.

***
Berita terkait dapat diikuti dalam topik: KASUS MUTILASI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com