Kompas.com - 19/09/2012, 15:07 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANGKO, KOMPAS.com - Identitas pemilik potongan kaki yang ditemukan hanyut di Sungai Tabir, Bangko, Jambi telah terungkap. Pemilik potongan kaki kiri tak lain adalah Sopian bin Japar (30), warga Mampun, Kecamatan Tabir, dan masih dalam keadaan hidup. Lalu apa yang alasannya membuang potongan kaki sisa amputasi tersebut ke sungai?

Berdasarkan penuturan Kepala satuan Reskrim Polres Merangin, AKP Syamsi Ubai, pada 10 September, sekitar pukul 14.00, korban tertimpa kayu saat menebang pohon di sebuah kebun Desa Kota Rayo, Kecamatan Tabir. Sopian kemudian langsung dibawa ke RSUD Muara Bungo. Lantaran kondisi kaki remuk, maka kaki dokter memutuskan agar kaki diamputasi.

Proses amputasi dilaksanakan Selasa (11/9/2012), sekitar pukul 13.00. Setelah diamputasi, sekitar pukul 18.00, potongan kaki tersebut dikubur di sekitar halaman rumah korban.

"Dua hari kemudian, Sopian merasa kesakitan dan tidak bisa tidur. Dari hasil konsultasi pihak keluarga pada orang pintar, bahwa kaki tersebut jangan dikubur, jika korban masih hidup. Maka keluarga memutuskan untuk menggali lagi dan mengambil kaki yang telah dikubur. Selanjutnya, keponakan korban bernama Agus (26) membuang potongan kaki itu ke Sungai Tabir pada 13 September," tutur Syamsi.

"Kita sudah meminta keterangan korban (Sopian), Agus, dan keluarga lainnya. Mereka sudah mengakui itu. Kita kemudian meminta mereka untuk mengambil potongan kaki di kamar mayat RSUD Abundjani agar dikuburkan," tegasnya.

***
Berita terkait dapat diikuti dalam topik: KASUS MUTILASI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.