Kompas.com - 19/09/2012, 12:58 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti pada putaran pertama, Litbang Kompas akan kembali melakukan hitung cepat atau quick count seusai pemungutan suara putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 pada Kamis (20/9/2012) esok.

General Manager Litbang Kompas, Harianto Santoso, mengatakan, hitung cepat Pilkada DKI Jakarta akan kembali dilakukan pada putaran kedua ini. Hanya saja, sampling yang diambil tidak sebanyak seperti pada putaran pertama lalu dengan sampling error sebesar 0,5 persen.

"Pada putaran pertama, ada 400 TPS yang dijadikan sampling. Untuk putaran kedua ini, hanya 200 TPS saja di lima wilayah Jakarta," kata Hariyanto, saat dihubungi, Rabu (19/9/2012).

Dia menjelaskan bahwa pengambilan sampling pada putaran kedua ini lebih sedikit karena pasangan calon yang bertarung juga tidak sebanyak pada putaran pertama sehingga dengan sampling yang sedikit diperkirakan mampu memetakan hasil perolehan suara. Tidak hanya itu, dia juga tetap melakukan exit poll pada warga usai memilih di TPS. Hal ini dilakukan untuk melihat sebaran pendukung pasangan calon secara nyata sehingga dapat dikaji secara mendalam.

"Exit poll tetap akan dilakukan. Dari sini dapat dilihat, pasangan calon mana didukung oleh siapa," jelasnya.

Hasil dari hitung cepat Litbang Kompas ini akan disiarkan langsung di Kompas TV pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk laporan secara realtime dapat langsung dinikmati dari Kompas.com. Sementara ulasan lengkap dari hitung cepat dan analisis mendalam exit poll dapat disimak pada harian Kompas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.