Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permukiman Seputar Gunung Soputan Diselimuti Debu

Kompas.com - 18/09/2012, 21:03 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Aktivitas vulkanik Gunung Soputan terus berlangsung hingga Selasa (18/9/2012) malam sekitar pukul 21.00.

Gunung Soputan terus memuntahkan debu dan pijaran api dari mulut kawah. Pijaran api setinggi puluhan meter terlihat jelas dari jembatan Ranoyapo, Amurang, berjarak 50 kilometer.

Gunung Soputan meletus sejak Selasa siang pada pukul 13.05.

Hampir seluruh permukiman berada di wilayah seputar gunung Soputan berdebu. Dilaporkan hujan abu dirasakan oleh masyarakat Kota Menara, Maliku dan Ritey di Minahasa Selatan.

Warga Langowan di Minahasa juga merasa debu tipis Soputan yang menyelemuti langit. Debu banyak di rumah-rumah penduduk, kata Hani Pongkorung, warga di sana.

Sejumlah warga berharap bantuan masker dari pemerintah. Menurut Hani, banyak warga berdiam di rumah karena debu banyak bertebaran di luar.

Kepala Dinas Sosial Minahasa Selatan Jefri Prang mengatakan pihaknya telah menurunkan sejumlah petugas ke lokasi bencana seperti di Kota Menara dan Maliku.

"Kami siap membantu warga, apabila dibutuhkan kami menyiapkan dapur umum," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com