Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Uji Emisi, Hasil Belum Diketahui

Kompas.com - 18/09/2012, 15:14 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Sebanyak 2.084 mobil berbahan bakar premium dan solar telah mengikuti uji emisi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Meski demikian, hasil kegiatan yang diselenggarakan pada pada 11-13 September 2012 itu belum bisa diketahui.

"Hasil uji emisi belum bisa dipublikasikan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalteng Mursyid Mursono di Palangkaraya, Selasa (18/9/2012).

Proses setelah uji emisi belum sepenuhnya selesai. Sebab, sampel dari kegiatan itu belum dideteksi. Lokasi uji emisi yakni di Jalan RTA Milono di depan sekretariat Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kalteng, pada 11 September 2012.

Hari berikutnya, kegiatan diselenggarakan di Jalan Ahmad Yani di depan sekolah menengah pertama 1 Palangkaraya. Pada 13 September 2012, uji emisi digelar di Jalan Tjilik Riwut di depan Stadion Toeah Pahoe.

Kegiatan itu tidak dipungut biaya. Mursyid mengatakan, pihaknya bertekad mengoptimalkan program Langit Biru sebagai upaya mengendalikan pencemaran udara. Asal pencemaran itu, baik dari sumber bergerak mau pun bukan.

"Langit Biru menjadi bagian dari program Kementerian Lingkungan Hidup," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com