Kompas.com - 17/09/2012, 22:05 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Distribusi e-KTP di Jakarta telah dilakukan sejak April lalu dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan bahwa tidak benar jika pengambilan e-KTP di Kelurahan hanya hingga 20 September saja.

"Tidak ada seperti itu. Warga berhak atas e-KTP sesuai identitasnya jika telah menerima undangan untuk mengambil," kata Purba, saat dihubungi, Senin (17/9/2012).

Ia menjelaskan bahwa untuk mendapatkan e-KTP, warga Jakarta harus membawa KTP yang lama untuk kemudian ditukarkan dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah satu warga memiliki dua kartu identitas.

"KTP yang lama tentu akan ditarik. Tujuan e-KTP kan biar ada identitas tunggal dan tidak ada lagi yang punya identitas ganda," ujar Purba.

Menurut Purba, data yang tertera pada e-KTP sama saja dengan yang ada pada KTP lama. "Data di dalamnya baik dari NIK dan data diri itu sama semua. Jadi ya yang lama harus diserahkan pada kelurahan saat mengambil e-KTP. Buat apa disimpan, kan sudah ada yang baru," jelas Purba.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari tiga juta e-KTP yang telah dicetak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk wilayah Jakarta, sebanyak satu juta lembar telah sampai di tangan warga.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X