Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei LSI-Tempo: Dukungan Foke-Jokowi Seimbang

Kompas.com - 16/09/2012, 14:04 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Majalah Tempo, tingkat dukungan untuk pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Basuki) di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta relatif seimbang. Sekitar 10 persen responden belum memutuskan pilihan.

Direktur LSI Kuskridho Ambardi mengatakan, hasil jajak pendapat ketika responden ditanya secara terbuka atau tanpa disodorkan nama, sebanyak 44 persen responden mengaku mendukung Foke dan 44,1 persen mendukung Jokowi. Sebanyak 11,9 persen tidak menjawab.

Ketika disodorkan nama calon gubernur, sebanyak 45,3 persen responden mengaku mendukung Foke dan 44,8 persen mendukung Jokowi. Sebanyak 9,9 persen tidak menjawab.

Adapun ketika disodorkan nama pasangan, sebanyak 44,7 persen mendukung Foke-Nara dan 45,6 persen mendukung Jokowi-Basuki. Sebanyak 9,7 persen tidak menjawab. Ambardi menjelaskan, angka itu relatif seimbang lantaran angka margin of error atau tingkat kesalahan mencapai 5 persen.

Dengan margin of error plus minus 5 persen, bisa saja Foke-Nara mendapat 49,7 persen dan Jokowi-Basuki mendapat 40,6 persen. Atau sebaliknya, Jokowi-Basuki mendapat 50,6 persen dan Foke-Nara 39,7 persen.

"Angka ini bisa saling mengalahkan," kata Ambardi ketika jumpa pers di Kantor LSI di Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Ambardi menjelaskan, survei itu digelar tanggal 2-7 September. Awalnya, sampel yang diambil mencapai 800 orang dengan metode stratified two stage random sampling. Namun, dari 800 sample itu, hanya 399 orang yang bisa diwawancarai.

Sisanya, kata Ambardi, menolak diwawancara (22 persen), tidak berada di rumah selama survei digelar (17 persen), meninggal dunia (2 persen), pindah tempat tinggal (45 persen), dan tidak diidentifikasi (14 persen).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com