Kompas.com - 16/09/2012, 06:23 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

PAREPARE, KOMPAS.com - Seorang pengusaha ayam potong di Kota Parepare, Deng Jarung, yang biasa menyuplai daging ayam ke sejumlah kapal swasta di kota itu, mengalami kejadian aneh. Bagaimana tidak, ketika menyembelih 250 ekor ayam potong pada Senin (10/9/2012) lalu, ada dua ekor di antaranya yang masih hidup.

Lebih mengherankan lagi, sepasang ayam berwarna putih tersebut tetap hidup meskipun sudah dicebur ke dalam air mendidih di panci. Hal itu dilakukan agar bulu semua ayam tersebut mudah dicabut.

Kejadian aneh ini mengundang banyak warga sekitar rumah Deng Jarung, di Jalan Reformasi, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, yang penasaran, untuk datang melihat. Ada pula yang mengabadikan momen langka itu dengan ponsel.

"Sekitar Senin tanggal 10 September 2012 lalu, saya menyembelih 250 ekor ayam potong yang hendak saya suplai ke kapal. Hanya saja di dalam panci yang mendidih ada dua ekor ayam yang saling berpelukan, masih mengeluarkan suara dan bergerak," ujarnya, Sabtu (15/9/2012).

Sontak, Deng Jarung kaget bukan kepalang. Diambilnya dua ekor ayam di dalam panci besar tersebut, kemudian disimpan di sebuah kandang ayam di samping rumahnya. "Mungkin masih bukan ajalnya," tuturnya.

Anehnya, sepasang ayam potong tersebut sudah bisa berjalan, bahkan bisa makan dan minum. Padahal, pada tenggorokan terlihat saluran berupa selang sudah putus, hanya kulit dan sedikit daging yang menopang leher ayam tersebut. Saat makan dan minum ayam ini mengeluarkan makanan dan minuman pada luka di bagian lehernya.

"Ayam ini, dua hari lalu telah dikunjungi sejumlah pecinta ayam aneh dari Kabupaten Bantaeng. Bahkan ada yang menawari ayam ini hingga jutaan rupiah, tapi saya tidak akan menjualnya," jelas Deng Jarung.

Sementara Sudi, seorang pengunjung yang penasaran melihat ayam tersebut mengatakan, baru kali ini dirinya melihat ayam yang selang tenggorokannya putus tapi masih bisa hidup. "Saya 10 tahun bekerja sebagai tukang potong ayam potong, tapi baru kali ini saya melihat, ayam yang sudah disembelih masih bisa bertahan hidup, dan bahkan bisa makan dan minum," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.