Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Salah Satu Peninggalan Sejarah di Morotai

Kompas.com - 15/09/2012, 03:55 WIB
Andrean Kristianto

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com — Dauglas Mac Arthur adalah seorang jenderal angkatan darat yang menjabat sebagai komandan pasukan Amerika Serikat. Dia kemudian menjadi komandan pasukan sekutu wilayah Pasifik barat daya tahun 1942-1945. Jenderal Dauglas Mac Arthur lalu merebut Kepulauan Morotai pada 1944 sebagai basis pasukan mereka.

Salah satu tempat Dauglas Mac Arthur di Morotai adalah Permandian Air Kaca. Ini merupakan tempat permandian tentara sekutu dan Jenderal Dauglas Mac Arthur. Pak Syukur Kuseke (35) merupakan penjaga tempat Permandian Air Kaca ini. Syukur Kusake adalah cucu dari Cay Kuseke yang merupakan pemilik lahan permandian air panas tersebut.

Berdasarkan cerita yang didapatkan dari kakeknya, Syukur Kusase menceritakan bahwa Permandian Air Kaca ini ditemukan oleh kakeknya itu sekitar tahun 1875. Sebelumnya, Cay Kusake menjadikannya sebagai tempat berkebun.

Di permandian itu terdapat kotak yang sebelumnya dijadikan bak mandi, dan di depannya terdapat pancuran air yang digunakan untuk mandi oleh Mac Arthur dan tentaranya. Di sekitar permandian juga banyak ditemukan peninggalan pasukan Amerika Serikat pada saat Perang Dunia II.

Pada tahun 2000, Syukur mulai mencari dan mengumpulkan barang peninggalan tersebut, seperti pucuk senapan, bom, dan selongsong peluru. "Mengumpulkan barang-barang ini untuk koleksi pribadi saja. Saya mempunyai kesenangan sendiri mengumpulkan barang-barang bekas Perang Dunia II," ujar Syukur Kusase saat ditemui Kompas.com.

Selain dipajang di rumahnya, Syukur juga membawa temuannya ke Permandian Air Kaca tersebut untuk diperlihatkan kepada pengunjung tempat itu.

Syukur juga memaparkan, jika penemuan tersebut ingin disumbangkan ke negara, maka ia mengharapkan penghargaan dari pemerintah atau presiden. Pasalnya, selama ini tidak ada sumbangsih dari pemerintah atau dari pihak mana pun. Peninggalan-peninggalan Perang Dunia II masih banyak ditemukan di daerah Totodoku.

Syukur beserta keluarga akan terus mencoba mencari untuk menambah koleksi tersebut. Bertepatan dengan diadakannya Sail Morotai 2012, banyak wisatawan domestik ataupun internasional mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Morotai ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com