Kompas.com - 14/09/2012, 15:55 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Kecelakaan tragis mikrobus naas tujuan Cirebon-Bengkulu yang jatuh ke jurang di perbatasan Lampung-Bengkulu diduga akibat faktor kelalaian.

"Sopir out of control (kehilangan kontrol) saat menikung menuruni tikungan tajam. Akhirnya masuk jurang. Ini kami ketahui dari kondisi perseneling yang berada di posisi lima (posisi maksimal) saat kami temukan," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Barat Inspektur Satu Ikrar Potawari, dihubungi Jumat (14/9/2012).

Mikrobus bernomor polisi E 7586 Y ini masuk jurang di kedalaman 75 meter di jalan lintas barat Sumatera Km 329. Jalan ini berada di kawasan perbukitan yang membelah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Diakui Ikrar, wilayah ini memang rawan kecelakaan, selain longsor. Sebab, berdasarkan pantauan Kompas, selain penerangan jalan yang minim, jalan di wilayah ini dipenuhi tanjakan curam dan berkelok-kelok.

Berdasarkan catatan Kompas, kecelakaan semirip pernah terjadi 2008 lalu di lokasi yang berdekatan. Pada Desember 2008, bus PO Penantian Utama yang dicarter untuk acara pernikahan masuk ke jurang sedalam 61 meter di kawasan ini dan merenggut 12 nyawa penumpangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.