Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikrobus Itu Masuk Jurang dengan Kecepatan Tinggi

Kompas.com - 14/09/2012, 15:55 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Kecelakaan tragis mikrobus naas tujuan Cirebon-Bengkulu yang jatuh ke jurang di perbatasan Lampung-Bengkulu diduga akibat faktor kelalaian.

"Sopir out of control (kehilangan kontrol) saat menikung menuruni tikungan tajam. Akhirnya masuk jurang. Ini kami ketahui dari kondisi perseneling yang berada di posisi lima (posisi maksimal) saat kami temukan," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Barat Inspektur Satu Ikrar Potawari, dihubungi Jumat (14/9/2012).

Mikrobus bernomor polisi E 7586 Y ini masuk jurang di kedalaman 75 meter di jalan lintas barat Sumatera Km 329. Jalan ini berada di kawasan perbukitan yang membelah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Diakui Ikrar, wilayah ini memang rawan kecelakaan, selain longsor. Sebab, berdasarkan pantauan Kompas, selain penerangan jalan yang minim, jalan di wilayah ini dipenuhi tanjakan curam dan berkelok-kelok.

Berdasarkan catatan Kompas, kecelakaan semirip pernah terjadi 2008 lalu di lokasi yang berdekatan. Pada Desember 2008, bus PO Penantian Utama yang dicarter untuk acara pernikahan masuk ke jurang sedalam 61 meter di kawasan ini dan merenggut 12 nyawa penumpangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com