Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagar Alam Wae Wuul Terbakar

Kompas.com - 14/09/2012, 12:48 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com- Ratusan hektar hutan di dalam kawasan Taman Nasional Wae Wuul di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, terbakar. Dua ekor rusa yang ada di dalam kawasan itu terjebak dan diselamatkan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat.

Kepala Balai Besar Badan Konservasi Sumber Daya Alam NTT Wiratno di Kupang, Jumat (14/9/2012), mengatakan, kebakaran terjadi Selasa lalu pukul 09.00 sampai pukul 17.00 wita. Luasanya mencapai ratusan hektar.

Saat ini, katanya, petugas sedang melakukan survei di lapangan, apakah komodo di dalam kawasan itu terganggu atau tidak. Akan tetapi, kebakaran itu diduga tidak masuk wilayah yang dihuni komodo, kecuali rusa.

Dikatakannya, di kawasan itu terdapat berbagai tanaman seperti beberapa jenis suren (Toona sureni), lontar (Borassus flabellifer), nyatoh (Palaquim obovatum), ampupu (Eucalyptus urophylla), dan bambu (Bamboosa sp). Selkain komodo (Varanus komodoensis), satwa yang ada antara lain rusa timor (Cervus timorensis), kelelawar, ayam hutan, dan burung alap-alap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com