Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Ekstradisi Tokoh Kartel Zetas ke AS

Kompas.com - 12/09/2012, 21:26 WIB
Diah Marsidi

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Meksiko mengekstradisi salah seorang pendiri kartel narkoba Zetas ke Amerika Serikat, Selasa (12/9/2012). Dia diduga terlibat pembunuhan seorang petugas Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Jesus Enrique Rejon Aguilar ditangkap pada Juli 2011 setelah dicari dalam operasi terkait upaya pembunuhan dua petugas Imigrasi dan Bea Cukai AS dan salah seorang di antaranya tewas.

Kantor Kejaksaan Agung Meksiko mengumumkan, Rejon diserahkan kepada otoritas keamanan AS di Washington untuk menghadapi dakwaan perdagangan narkoba.

Namun, Kejaksaan Agung tidak menyebutkan kasus pembunuhan pada Februari 2011 itu dalam pernyataan mengenai ekstradisi. Penembakan kedua agen imigrasi dan bea cukai itu menimbulkan kemarahan di AS dan menyebabkan saling tuding antara politisi Meksiko dan AS mengenai kegagalan mengatasi kekerasan yang berhubungan dengan narkoba.

Rejon disebutkan sebagai orang nomor tiga dalam komando Zetas, geng paling brutal di Meksiko. Zetas selama lebih dari sepuluh tahun menjadi organisasi perdagangan narkoba setelah sebelumnya menjadi petugas keamanan kartel Teluk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com