Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes, Ratusan Siswa SMA Mogok Belajar

Kompas.com - 12/09/2012, 17:15 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu siang (12/9/2012) berunjuk rasa di sekolah mereka. Mereka mendesak kepala SMAN I Wonomulyo Muhammad Ruslan turun dari jabatannya karena dianggap kinerjanya buruk.

Dari pantauan Kompas.com, ratusan siswa SMAN I Wonomulyo ini berkumpul dan berorasi secara bergantian di halaman sekolah mereka. Selain itu, mereka juga menggelar aksi mogok belajar. Sebagian dari mereka menyegel seluruh ruangan kelas dengan kursi dan meja. Sementara kursi-kursi di ruang kelas diobrak abrik. Para siswa mengancam akan terus mogok belajar hingga kepala sekolah mereka dicopot dari jabatannya.

Aksi unjuk rasa ini merupakan buntut dari kekesalan siswa terhadap kepala sekolah, Muhammad Ruslan yang sudah tiga tahun dinilai tidak mampu mengangkat prestasi siswa dan sekolahnya.

Salah seorang siswi, Fitriani menyatakan, para siswa mengaku sejak kepemimpinan Muhammad Ruslan, tidak satupun kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba olimpiade atau cerdas cermat mampu dijuarai sekolahnya.

Bahkan, menurutnya, nilai ujian nasional siswa-siswi SMAN I Wonomulyo dari tahun ke tahun terus menurun. Banyaknya konflik internal guru dan kepala sekolah mencat sejak kepemimpinan Ruslan dan berdampak pada prestasi siswa dan sekolah mereka di tengah persaingan prestasi dengan sekolah lain.

Hingga aksi unjuk rasa ini berakhir sore tadi, Muhammad Ruslan tak kunjung menemui para pengunjuk rasa. Tim pengawas tingkat SMA dari Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar yang menemui siswa pengunjuk rasa berjanji akan segera memanggil kepala sekolah untuk dimintai klarifikasi terkait tuntutan mereka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com