Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTS Juga Bisa Manfaatkan Akademi Komunitas

Kompas.com - 12/09/2012, 16:16 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendirian Akademi Komunitas yang sedang dirintis pemerintah untuk pengembangan jalur pendidikan vokasi atau kejuruan tahun ini dipandang baik oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta, Sutyastie Soemitro Remi. Dia mengatakan, kehadiran AK justru dapat menjadi bagian strategi bagi perguruan tinggi swasta untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia.

"Kerangka pikirannya, AK ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah, yaitu Kemendikbud, untuk mengatasi pertumbuhan pengangguran saat ini. Adanya AK pun menjadi strategi komparatif bagi kami. Ini bagus, kemungkinan kami akan membuka yang orang lain belum buka," ucapnya usai menyambut mahasiswa dalam kegiatan Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (PESIPTI) di kampusnya, Rabu (12/9/2012).

"Kita juga sedang pikirkan, Usahid akan membuka AK, misalnya untuk program pelatihan broadcast, atau kepariwisataan sekolah guide, itu bisa dilakukan ke arah sana," tambahnya kemudian.

Sutyastie mengatakan bahwa program AK sama dengan jenjang diploma satu atau dua. Lulusannya bisa langsung diserap oleh lapangan pekerjaan.

Jika dibandingkan dengan para lulusan pendidikan tinggi yang fokus pada pengembangan sains, teknologi, dan kewirausahannya, lulusan AK langsung dipersiapkan untuk masuk kerja.

"Keunikannya itu harus didukung dengan sarana yang baik juga, kita harus menyiapkan kompetensi mereka," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com