Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Morotai, Pendapatan Hotel Naik 200 Persen

Kompas.com - 12/09/2012, 09:30 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Pelaksanaan Sail Morotai benar-benar meningkatkan perekonomian di daerah, utamanya di Kota Ternate, Maluku Utara. Bayangkan saja, selama dua minggu terakhir tingkat pendapatan perhotelan dan rumah makan di Ternate mencapai 200 persen dibanding dua minggu sebelumnya. Hal ini terjadi menyusul padatnya geliat Sail Morotai.

Kepala bagian Humas dan Protokoler Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, pelaksanaan Sail Morotai 2012 memang bukan di Ternate, namun Ternate merupakan pintu masuk bagi Morotai dan Maluku Utara pada umumnya. Sehingga bias ekonomi dari geliat Sail Morotai juga dirasakan di Ternate.

"Selama dua minggu terakhir ini, tingkat hunian dan permintaan di rumah makan baik kuliner maupun non kuliner naik 200 persen. Setelah ditelusuri ternyata itu imbas dari geliat-geliat Sail Morotai," ungkap Thamrin Marsaoly, Selasa (11/9/2012) kemarin.

Thamrin mencontohkan, untuk rumah makan misalnya, dalam keadaan normal permintaan pada rumah makan kelas sedang di Ternate dalam sehari bisa 1.500 paket. Namun dalam dua minggu terakhir, pelayanan konsumen oleh rumah makan sedang bisa mencapai 200-500 paket.

Tak ketinggalan juga untuk sektor jasa, Thamrin mengaku mengalami peningkatan yang luar biasa. "Kemarin saya tanya di jasa speed bot, biasanya dalam sehari mereka hanya bisa dapat Rp 500.000. Tapi beberapa hari ini pendapatan mereka meningkat bahkan sampai Rp 1,5 juta per hari," ungkap Thamrin.

Pemkot Ternate menargetkan dalam seminggu ke depan masih mengalami kenaikan untuk sejumlah sektor tadi. Apalagi, beberapa rangkaian Sail Morotai akan dilaksanakan di Ternate seperti pameran ekspo dan operasi bakti pemuda bahari nusantara. "Pameran ekspo di Ternate selama 4 hari. Kita akan sediakan tempat khusus untuk melayani para kakilima untuk memanfaatkan momentum ini," tambahnya.

Dia menambahkan, Pemkot Ternate menargetkan pendapatan daerah dari sektor restoran dan pedagang kakilima bisa lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp 7 miliar pada tahun 2012. Pemkot Ternate bahkan menargetkan tahun ini target pendapatan dari sektor-sektor tadi sekitar Rp 10-11 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com