Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Anglingkusumo Dilucuti

Kompas.com - 12/09/2012, 03:16 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Ketegangan mewarnai verifikasi calon wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY, Selasa (11/9). Enam pengawal tim Kanjeng Pangeran Haryo Anglingkusumo, yang tahun ini dikukuhkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam IX, ditahan, dilucuti, dan diinterogasi anggota Sekretariat Bersama Keistimewaan DIY.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 15.00, Selasa, setelah Reh Kasentanan Pura Pakualaman (versi Anglingkusumo) Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Widjojokusumo bersama menantu Anglingkusumo, Sutan Rendra Jais atau KPH Haryo Wiroyudho, menyerahkan berkas tambahan pencalonan wakil gubernur kepada Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD DIY Drajat Ruswandono. Setelah menyerahkan berkas, Widjojokusumo dan Wiroyudho meninggalkan DPRD DIY dengan mengendarai mobil.

Namun, enam pemuda berkaus merah dengan lambang Pura Pakualaman di dada kanan yang mengawal mereka ditahan relawan Sekretariat Bersama Keistimewaan DIY yang berjaga-jaga di halaman DPRD DIY sejak pagi hari. Baju enam pemuda itu dilucuti. Mereka diseret ke Pos Satpam DPRD DIY, diinterogasi, dan identitasnya dicatat.

Meski sempat memanas, keenam pemuda itu lalu dilepaskan. Suparjo, salah seorang di antaranya, mengaku berasal dari Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, dan diminta mengawal kubu Anglingkusumo.

Widjojokusumo dan Wiroyudho mengetahui pengawalnya ditahan, kembali ke DPRD DIY. ”Semua bisa diselesaikan dengan baik-baik,” ucap Wiroyudho.

Menurut Widjojokusumo, kedatangannya ke DPRD DIY untuk melengkapi persyaratan pencalonan wakil gubernur. ”Kami hanya memenuhi amanat undang-undang. Paku Alam IX yang sekarang berhak jumeneng (bertakhta) adalah Pak Anglingkusumo,” paparnya.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD DIY untuk Verifikasi Calon Gubernur/Wakil Gubernur DIY, Arif Rahman Hakim, memastikan, Pansus tidak akan memverifikasi berkas pengajuan Anglingkusumo. Berkasnya cuma menjadi arsip DPRD DIY. Calon yang diakui dan dikenal adalah Paku Alam IX yang kini menjabat Wakil Gubernur DIY.

(abk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com