Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pers Lokal Belum Netral dalam Pilkada

Kompas.com - 11/09/2012, 14:02 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, dan Monumen Pers Nasional Surakarta, Selasa (11/9/2012) mengadakan seminar bertajuk "Netralitas Pers Lokal dalam Pilkada Jawa Tengah". Salah satu tujuan seminar itu membahas jurnalisme ideal yang semestinya dijalankan dalam melakukan liputan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Undip, Triyono Lukmantoro, mengatakan, seminar yang dilangsungkan di Plaza Hotel, Jalan Setiabudi Semarang tersebut menghadirkan pembicara M Rofiudin (jurnalis Tempo), Turnomo Rahardjo (dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip), dan Henry Subiakto (Staf Ahli Menteri Bidang Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika).

"Pers lokal di Jateng belum menunjukkan netralitasnya. Sehingga, publik tidak mendapatkan informasi yang jernih. Bahkan, ada pemilik media menunjukkan keberpihakan pada bakal calon gubernur/wakil gubernur tertentu," ungkapnya.

Menurut Triyono, ada fenomena pers lokal "dijinakkan" iklan-iklan politik. Contohnya ketika penerbitan pers tertentu belum mendapatkan iklan dari pasangan kandidat, maka pers tersebut begitu kritis pada pasangan kandidat tersebut. Namun, setelah perusahaan media ini mendapatkan iklan-iklan politik, maka pers tersebut terlihat begitu jinak dan sekadar menjadi corong politik kandidat tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com