Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Negara Bisa Ajukan Bersama

Kompas.com - 11/09/2012, 02:36 WIB

Jakarta, Kompas - Beberapa negara bisa mengajukan bersama warisan budaya tak benda kepada Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO). Hal ini dimungkinkan karena satu warisan budaya tak benda bisa saja dipraktikkan masyarakat di beberapa negara.

”Semangatnya adalah melakukan perlindungan warisan tak benda, terutama di Asia Tenggara yang sangat kaya warisan budayanya,” kata Samuel Lee, Direktur Jenderal Intangible Cultural Heritage in the Asia-Pasific Region (ICHCAP).

ICHCAP adalah lembaga di bawah pengawasan UNESCO yang membantu negara anggota melindungi warisan budaya tak bendanya.

   Lee mengatakan hal itu, Senin (10/9), seusai membuka Pertemuan Subregional Asia Tenggara untuk Penyelamatan Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage/ICH) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pertemuan ini dihadiri perwakilan 11 negara Asia Tenggara dan Korea Selatan.

Masanori Nakaoka, Spesialis Program UNESCO Jakarta, mengatakan, warisan budaya tak benda yang dipraktikkan masyarakat di beberapa negara sering menimbulkan konflik.

Etty Indriati, Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada kesempatan itu mempresentasikan upaya Indonesia untuk melestarikan warisan budayanya, antara lain batik dan tortor. Setelah diakui UNESCO dalam daftar representatif warisan budaya tak benda tahun 2009, batik telah diajarkan di sebagian sekolah. Tarian tortor dari Sumatera Utara juga banyak dimainkan di pesta rakyat dan kegiatan lain. (IND)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com