Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Sapi di GGLC Hanya Terisi Sepertiga Kapasitas

Kompas.com - 10/09/2012, 21:03 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

GUNUNG SUGIH, KOMPAS.com - Menyusul pembatasan impor sapi, stok sapi bakalan di perusahaan penggemukan sapi (feedlot) PT Great Giant Livestock Co (GGLC) saat ini hanya terisi sepertiga dari kapasitas yang tersedia.

"Dari 35.000 kapasitas yang tersedia, saat ini hanya terisi 30 persen sapi breeding (pembibitan)," ujar Direktur Produksi PT GGLC Didiek Purwanto dalam kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke PT GGLC, Senin (10/9/2012).

Dalam pantauan hari ini, sebagian kandang sapi feedlot terbesar di Provinsi Lampung ini memang terlihat kosong. Selain bibit-bibit sapi impor brahmana dari Australia, sapi-sapi lokal juga terlihat di feedlot yang tengah disoroti menyusul kasus masuknya sapi bibit yang diduga ilegal itu.

Didiek mengatakan, dari tujuh feedlot yang ada di Lampung, tiga diantaranya saat ini ikut mengembangkan usaha pembibitan sapi. Jadi, bukan melulu kegiatan penggemukan.

"Tujuan kami untuk mengurangi ketergantungan sapi impor. Di sini kami juga menggunakan bibit loka;," ujarnya. Namun, angka kematian anak sapi di tempat ini masih tinggi, yaitu 20,51 persen pada sepanjang tahun 2011. Dari 845 kelahiran sapi baru, 179 di antaranya mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com