Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Emisi Gratis Digelar di Palangkaraya

Kompas.com - 10/09/2012, 17:46 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi  Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangkaraya melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor gratis. Uji yang disebut spotcheck itu tak hanya dilakukan terhadap kendaraan pribadi, tetapi juga milik pemerintah daerah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalteng Teras A Sahay di Palangkaraya, Kalteng, Senin (10/9/2012), mengatakan, Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran telah mengirim surat kepada Wali Kota Palangkaraya Riban Satia serta para kepala satuan kerja perangkat daerah dan instansi terkait.

Surat mengenai evaluasi kualitas udara perkotaan (EKUP) Kementerian Lingkungan Hidup itu bernomor 660/673/III.1/BLH tanggal 6 September 2012. "Pemprov Kalteng dan Pemkot Palangkaraya akan melaksanakan pengendalian pencemaran udara dari sumber bergerak atau sektor transportasi," kata Sahay.

Pelaksanaan kegiatan akan berlangsung tiga hari, yakni 11-13 September 2012, di Palangkaraya dengan lokasi berbeda-beda. Pada 11 September 2012, uji emisi diadakan di Jalan RTA Milono di depan Sekretariat Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kalteng.

Hari berikutnya, kegiatan diselenggarakan di Jalan Ahmad Yani di depan Sekolah Menengah Pertama 1 Palangkaraya. Pada 13 September 2012, uji emisi digelar di Jalan Tjilik Riwut di depan Stadion Toeah Pahoe. Kegiatan itu tidak dipungut biaya dan bisa disebarluaskan untuk semua warga.  

"Kegiatan yang dilakukan yakni uji emisi knalpot kendaraan bermotor roda empat berbahan solar, premium, dan pertamax," kata Sahay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com