Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditelusuri, Impor Sapi Ilegal ke Lampung

Kompas.com - 10/09/2012, 15:49 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

GUNUNG SUGIH, KOMPAS.com — Tim Panitia Kerja (Panja) Swasembada Daging Komisi IV DPR melakukan kunjungan kerja ke Lampung untuk menelusuri kasus masuknya sapi impor asal Australia yang diduga ilegal, Senin (10/9/2012).

Kunjungan kerja rombongan Komisi IV DPR ini dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPR Ibnu Multazam. Hadir pula anggota Komisi IV lainnya, yaitu Anton Sihombing (Fraksi Partai Golkar), Sudin (Fraksi PDI-P), Ali Yacob (Fraksi Partai Demokrat), Habieb Nabil (Fraksi PKS), dan Agung Jelantik (Fraksi Partai Gerindra).

Rombongan anggota Komisi IV DPR beserta Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian dan pejabat terkait lainnya mengunjungi feedlot (tempat penggemukan sapi) PT Great Giant Livestock Co (GGLC) di Lamteng. Ibnu mengatakan, kunjungan mereka ini adalah untuk menelusuri soal kasus masuknya sapi bibit yang tidak disertai dokumen yang jelas atau diduga ilegal.

Ribuan sapi yang diimpor PT GGLC dan dua feedlot lainnya di Lampung ini kini masih diamankan Balai Karantina di Tangerang. "Kami dikejutkan dengan kasus ini. Di dokumen itu disebutkan sapi bibit, tetapi oleh pihak karantina itu ternyata bukan sapi bibit. Kami harus mengingatkan, dalam konteks swasembada daging, isu semacam ini hambatan besar," ujar dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com