Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kayu Jati Kuno Ditemukan Tertanam di Tepi Brantas

Kompas.com - 10/09/2012, 13:09 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Warga Dusun Gondak, Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, sejak sepekan ini dihebohkan dengan penemuan kayu jati kuno yang terpendam sekitar dua meter di dalam tanah di tepi Sungai Brantas, kelurahan setempat.

Setelah diangkat, kayu tersebut berbentuk persegi panjang dengan panjang 16,20 meter, tebal 50 sentimeter, dan lebar 40 sentimeter. Kondisinya menghitam karena diduga terpendam hingga puluhan tahun, tetapi masih utuh tanpa ada yang lapuk sama sekali.

Kayu tersebut ditemukan oleh para petambang pasir di areal tanah pekarangan yang diklaim milik Salam, warga setempat. Penemuan tersebut membuat warga berbondong-bondong ingin melihatnya. "Kalau dijual, nilainya pasti ratusan juta ini," gumam Sukri, seorang warga, Senin (10/9/2012).

Karena dianggap barang temuan, rencananya oleh polisi kayu tersebut akan dipindahkan ke tempat penimbunan kayu milik Perhutani di daerah Campurejo, hingga ada kejelasan siapa pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com