Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Lahan di Palangkaraya Semakin Sering

Kompas.com - 05/09/2012, 12:21 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

   

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Kebakaran lahan di Palangkaraya dan sekitarnya semakin sering terjadi seiring kemarau panjang di Kalimantan Tengah. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Palangkaraya, Wawan Berlison di Palangkaraya, pada Juli 2012, terjadi lima kebakaran lahan.

Jumlah itu meningkat menjadi enam kali pada Agustus lalu. Pada awal September 2012 ini,  sudah terjadi dua kebakaran yakni di Jalan Adonis Samad dan Jalan Seth Adji. Wawan menjelaskan, peristiwa itu berlangsung hampir bersamaan pada Minggu (2/9/2012).

Kebakaran di Jalan Seth Adji terjadi sekitar pukul 20.00. Sekitar satu jam kemudian, muncul kebakaran di Jalan Adonis Samad, dekat Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. Wawan mengatakan, kebakaran itu terjadi di lahan yang cukup luas.

"Kami di lokasi hingga pukul 23.00 tapi tak bisa memadamkan api secara total. Hanya mencegah api agar tidak merembet ke arah permukiman, ujarnya.

Wawan menuturkan, berdasarkan pengamatan sejak tahun 2005, kebakaran kerap terjadi pada akhir pekan. Karena itu, ada kemungkinan kebakaran dilakukan dengan sengaja dan dilakukan saat libur . Tujuan pembakaran lahan yakni membuka atau membersihkan lahan sebelum digunakan untuk bercocok tanam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com