Kompas.com - 03/09/2012, 22:54 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana, meminta masyarakat agar tidak segan untuk melaporkan dugaan praktik percaloan penerimaan calon PNS, khususnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Hal itu disampaikan Denny Indrayana dalam jumpa pers usai menginterogasi dua PNS di lingkungan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Lampung, yang diduga terlibat dalam praktik percaloan penerimaan calon PNS, Senin (3/9/2012) di Bandar Lampung.

"Melalui media massa, dalam kesempatan ini saya mengajak masyarakat yang melihat atau menjadi korban percaloan, agar mengadu ke Kemenhukham. Kami akan menindaklanjutinya secara fair dan saksi pelapor akan kami lindungi," ujar Denny.

Kasus percaloan penerimaan CPNS yang kini ditangani langsung Denny Indrayana, melibatkan dua oknum PNS di lingkungan Kanwil Kemenhukham Lampung. Kedua pelaku, berinisial IS dan AA, mengumpulkan uang Rp 805 juta dari tujuh korbannya.

Denny mengaku tidak akan memberi toleransi kepada pelaku praktik percaloan CPNS ini. Para PNS yang menjadi calo terancam sanksi disiplin, dan juga sanksi pidana.

"Sementara orang yang telah diloloskan juga akan kami usut. Sekalipun itu terjadi lama, di tahun 2010 misalnya. Kalau terbukti, mereka akan kami pecat," ucap Denny.

Ia mengatakan, selalu memantau aduan praktik percaloan penerimaan calon PNS baik melalui aduan langsung ke Twitter, pesan singkat, Blackberry Messenger, maupun laporan media massa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam berbagai kesempatan berkeliling berbagai daerah di Indonesia, Denny juga tidak segan memberikan kontak personalnya, baik nomor telepon seluler maupun PIN Blackberry kepada publik, demi memudahkan penerimaan aduan dari masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.