Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pemuda Nusantara Tiba di Ambon

Kompas.com - 03/09/2012, 18:53 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 423 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia yang ikut dalam pelayaran kapal pemuda nusantara tiba di Ambon, Maluku, Senin (3/9/2012). Pelayaran merupakan bagian dari acara Sail Morotai 2012 di Maluku Utara.

Para pemuda yang tergabung dalam Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) Sail Morotai 2012 itu, tiba di Ambon dengan kapal milik TNI AL, KRI Surabaya-591. Selain pemuda dari Indonesia, ada pula pemuda dari negara tetangga, yaitu dua orang dari Thailand, dan satu orang dari Filipina.

Saat kapal sandar, sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Maluku hadir. Di antaranya tampak Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu. Selain itu, hadir pula Komandan Pangkalan Utama TNI AL IX/Ambon Laksamana Pertama Aan Kurnia.

Komandan Satuan Tugas LNRPB Kolonel Laut Weddi Widya mengatakan pelayaran ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan para pemuda pada tanah air, memperluas wawasan kemaritiman dan kebangsaan mereka. Tak sebatas itu, selama pelayaran, pemuda juga diajarkan tentang kewirausahaan.

Karel Albert Ralahalu menyambut baik pelayaran para pemuda ini. "Ini merupakan bentuk untuk mempererat persaudaraan antar pemuda yang berasal dari berbagai daerah, mempererat persatuan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, dan menambah semangat nasionalisme," tambahnya.

Sejumlah pemuda juga mengaku senang mengikuti kegiatan ini. "Banyak hal baru yang kami pelajari selama pelayaran. Kami jadi tahu lebih banyak soal potensi laut Indonesia yang kaya, mengenal cara-cara berwirausaha, dan mendapat teman dari berbagai daerah di Indonesia," kata Sandra (20), salah satu peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com