Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampang Butuh Kasih Sayang

Kompas.com - 03/09/2012, 18:03 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Muhammad Nuh menilai bahwa warga Sampang, Jawa Timur, membutuhkan rasa saling menyayangi yang dibangun oleh pihak minoritas Syiah dan mayoritas Sunni. Kasih sayang sangat dibutuhkan karena dari perasaan itulah akan timbul rasa untuk saling menghargai.

"Syiah dan Sunni di Sampang harus saling menyayangi satu sama lain. Kalau itu dapat terjadi bagus sekali," ujar Muhammad Nuh di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (3/9/2012).

Nuh menjelaskan, warga minoritas dan mayoritas hendaknya saling menghargai dan menyadari bahwa penyelesaian masalah dengan jalan kekerasan bukan merupakan budaya bangsa. Nuh turut menyoroti bahwa sekarang ini timbul opini di mana pihak muslim Sunni sebagai mayoritas cenderung disalahkan. Dia menjelaskan bahwa menyalahkan satu pihak bukan merupakan hal yang adil. Ia menyebutkan bahwa jika ada sebab, maka ada akibat, sehingga peran keterlibatan minoritas muslim Syiah sebagai pihak yang dipersalahkan turut pula diselidiki.

Terlepas dari permasalahan mengenai pihak yang patut dimintai pertanggungjawaban, Nuh mengimbau kedua belah pihak saling menghormati. "Wujud kasih sayang di Sampang yang dilakukan oleh Sunni kepada Syiah, dan sebaliknya, sangat penting sekali. Dari hal itu dapat terwujud saling menghormati dan tidak memaksakan kehendak yang bisa merugikan satu pihak," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendy Yusuf mengatakan, kekerasan di Sampang tidak dibenarkan. Dia berharap semua pihak di Sampang tidak hanya saling menghormati, tetapi juga waspada atas ulah provokasi oleh oknum yang dapat meningkatkan ekskalasi kekerasan.

"MUI prihatin atas konflik di Sampang. Kekerasan itu tidak dibenarkan. Kami berpendapat dalam meredam aksi kekerasan dapat dilakukan dengan rasa saling menghargai satu sama lain," ujar Effendy.

Ia menambahkan, kasih sayang di Sampang diperlukan untuk membentengi wara dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, rasa saling menghormati diperlukan agar semua pihak dapat menahan diri dari pernyataan yang dapat menimbulkan masalah baru di Sampang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com