Kompas.com - 01/09/2012, 05:53 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

KEDIRI, KOMPAS.com Mbah Katijah mungkin menjadi orang tertua di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Nenek renta warga Desa Wanengpateng, Kecamatan Gampengrejo, ini diperkirakan telah berumur 120 tahun.  

Perkiraan usia Katijah diukur dari umur cucu tertuanya yang bernama Mustajib, yang kini sudah berusia 63 tahun. Sedangkan satu-satunya anak Katijah yang bernama Maskur sudah meninggal sejak 1978 di usia 58 tahun.
   
Meski tubuhnya sudah renta dan kulitnya keriput, Katijah masih dapat diajak berkomunikasi secara normal. Pendengaran dan penglihatannya masih baik, bicaranya juga masih lancar.
 
Namun, untuk berbicara dengan Katijah harus berhadapan langsung dengan suara yang agak keras. Sebab, selain mendengarkan, Katijah juga memperhatikan gerak bibir orang yang diajak bicaranya. Saat ditanya berapa umurnya, Katijah biasa menyebut usianya telah 120 tahun.
 
Mujiati (45), salah satu cucu Katijah, menuturkan, meski telah berusia lanjut, neneknya masih bisa berhitung dan mengenali nilai uang. “Kalau memberi uang juga sempat menghitung uang kembaliannya dengan benar,” ungkap Mujiati.
 
Kini, aktivitas Katijah hanya tiduran di ranjang rumahnya, ditemani cucu dan cicitnya. Mustajib, cucu tertuanya, sudah tidak kuat membopong neneknya ke kamar mandi.

Resep awet muda Mbah Katijah, selain banyak mengonsumsi sayuran, adalah bersikap sabar dan jarang marah. Satu-satunya pantangan Katijah dalam hal makanan adalah tidak mengonsumsi daging dari binatang berkaki empat.

"Nenek tidak pernah makan daging sapi dan kambing. Tapi, daging ayam, telur, dan ikan mau," jelas Mujiati.

Sebelumnya, Mbah Katijah masih bisa berjalan. Namun, karena terjatuh dari ranjang sejak dua minggu lalu, ia kini sudah tidak bisa berjalan lagi. Mbah Katijah juga masih lahap makan. Obat yang paling digemari ketika badannya capek hanya diolesi air garam.
 
Salah satu keanehan yang dimiliki Mbah Katijah, jika kuku kaki dan tangannya telah menghitam, maka akan lepas dengan sendirinya, lalu bakal tumbuh kuku muda yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.