Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Akan Disambut 1.000 Penari Soya-Soya

Kompas.com - 30/08/2012, 16:11 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pulau Morotai, Maluku Utara dalam rangka menghadiri kegiatan puncak Sail Morotai dipastikan meriah. Bayangkan saja, sebanyak 1.000 peserta penari Soya-Soya siap menyambut Presiden saat tiba di Morotai nanti.

Tarian Soya-Soya merupakan tarian daerah Maluku Utara yang menggambarkan tentang peperangan. Namun tarian ini biasanya digunakan saat menyambut tamu istimewa.

Pesertanya terdiri dari pelajar SD sampai pelajar SMA. Karena banyak jumlahnya, panitia Sail Morotai lokal merekrut sebagian dari Ternate. "Peserta Tari Soya-Soya sebanyak 1000 orang. 800 peserta dari pelajar SD sampai SMA yang ada di Morotai dan sisanya 200 orang peserta diambil dari Ternate," jelas Sudirman, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Kabupaten Pulau Morotai, Kamis (30/8/2012).

Saat ini, para penari sedang mengikuti latihan serius. Selain ratusan penari ini, masih ada 100 lebih pelajar yang saat ini juga mengikuti latihan marching band guna memeriahkan Sail Morotai, tepatnya pada saat acara puncak 15 September 2012.

Sudirman sangat optimistis para pelajar di Morotai maupun dari Ternate mampu menyuguhkan yang terbaik pada saat sail nanti. Selain tarian Soya-Soya, masih banyak pula tarian-tarian daerah yang akan dipersembahkan pada saat acara tersebut. Dari sembilan kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara, akan mempersembahkan tarian daerahnya pada saat pameran budaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com