Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCNU Surabaya Kirim Bantuan Logistik ke Sampang

Kompas.com - 29/08/2012, 15:20 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com -- Bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Syiah di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terus mengalir dari beberapa kalangan. Di antaranya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya. Bantuan itu berupa beras, kebutuhan mandi, pembalut wanita, alat tulis sekolah dan uang tunai.

Bantuan itu diantar langsung Wakil Ketua PCNU Surabaya Shalahuddin dan beberapa pengurus lainnya ke lokasi pengungsian, Rabu (29/8/2012). Menurut Shalahuddin, bantuan itu digalang sendiri oleh Nahdhiyyin yang ada di Surabaya, kemudian dikumpulkan di kantornya.

"Karena ini amanat kami sampaikan kepada yang wajib menerimanya," ungkapnya.

Dijelaskan Shalahuddin, bantuan dari warga NU itu sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan dan tidak ada tendensi apa-apa. Apalagi konflik yang terjadi di Sampang, dikait-kaitkan antara NU-Sunni dengan Syiah.

"Kalau yang melakukan penyerangan terhadap warga Syiah itu dikaitkan dengan NU sama sekali tidak benar. Sebab NU sendiri menjunjung tinggi toleransi dan anti kekerasan," imbuhnya.

Droping bantuan itu dilakukan tanpa ada koordinasi dengan PCNU Sampang. Sebab, warga NU dimanapun bisa menyalurkan sendiri kepada para pengungsi. Sementara PCNU Sampang dan organisasi kemasyarakatan lainnya, belum memberikan bantuan logistik kepada para pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com