Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahkan Sail Morotai, Halut Utus 200 Perserta

Kompas.com - 29/08/2012, 13:31 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com -- Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara sangat antusias menyukseskan Sail Morotai yang perayaan puncaknya jatuh pada 15 September 2012. Buktinya, Pemkab Halut telah menyiapkan 200 peserta untuk dikirim ke Morotai dalam rangka berpartisipasi pada even berskala internasional itu.

Sebanyak 200 peserta ini terdiri dari grup marching band, peserta musik tradisional (yangere) dan peserta permainan bamboo gila. Untuk grup marching band, para peserta ternyata masih duduk di bangku SMP, yakni grup marching band dari SMPN 1 Tobelo, Halmahera Utara. Rencananya, 200 orang ini baru akan di kirim dua hari sebelum perayaan puncak Sail Morotai pertengahan September.

"Pamerannya kan baru dibuka pada 15 September, jadi kita rencana berangkatkan mereka sekitar 13 atau 14 September," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Halut Joseph Papilaya saat dihubungi Rabu (29/8/2012).

Dia menambahkan, saat ini 200 orang tersebut tengah dimatangkan kesiapannya dengan harapan bisa tampil maksimal saat pagelaran pameran seni budaya di Morotai nanti. Sebab, baginya momentum Sail Morotai tidak hanya dihadiri masyarakat lokal tapi juga ditonton wisatawan mancanegara. Ini juga sebagai upaya mempromosikan kebudayaan daerah utamanya budaya Halmahera Utara dan Maluku Utara pada umumnya.

Joseph sangat optimistis peserta yang dikirim Pemkab Halut ke Morotai itu bisa tampil maksimal pada pameran seni budaya Sail Morotai. Selain 200 peserta ini, Joseph juga menaksir masih banyak warga Tobelo (Halmahera Utara) yang akan berkunjung ke Morotai untuk menyaksikan even yang dihadiri para veteran Perang Dunia II tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com