Kompas.com - 28/08/2012, 21:28 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry Persero mencatat sebanyak 982.748 pemudik menyeberang di Pelabuhan Merak Banten-Bakauheni Lampung. Pemudik itu melakukan penyeberangan pada H-9 hingga H+7 Lebaran tahun ini.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro menjelaskan, pihaknya juga telah menyeberangkan kendaraan beroda dua dan kendaraan beroda empat atau lebih dengan tingkat kesuksesan zero accident (tanpa kecelakaan).

"Meski jumlah kendaraan dan pemudik terus bertambah, kami sangat bersyukur bahwa kelancaran angkutan Lebaran tahun ini berjalan baik, aman dan selamat dengan zero percent accident," kata Danang di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Selain menyeberangkan pemudik, perseroan juga menyeberangkan 193.166 kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari Jawa ke Sumatera. Khusus penyeberangan di Pelabuhan Merak Banten, perseroan mencatat kenaikan pada kendaraan roda dua sebesar 8 persen dan kendaraan roda empat sebesar 11 persen.

Sementara rekapitulasi data dari Pelabuhan Bakauheni Lampung untuk waktu yang sama yaitu H-9 hingga H+7, juga menyebutkan kenaikan dibanding tahun 2011 yaitu sekitar 6,4 persen untuk penumpang, 5,5 persen untuk kendaraan roda dua dan 12 persen untuk kendaraan roda empat.

"Ini dapat diartikan bahwa tingkat ekonomi masyarakat semakin meningkat sehingga jumlah kendaraan pribadi pun semakin meningkat tajam," tambahnya.

Tahun ini juga menjadi tantangan bagi perseroan khususnya dalam menyiapkan kenyamanan dan keamanan jalur penyeberangan di seluruh Indonesia, terlebih lagi saat harus menyiapkan di sela Lebaran tahun ini. Namun dengan kerjasama yang ada, perseroan mengklaim keberhasilan dalam menangani puncak arus mudik khususnya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni yang selama ini menjadi masalah khususnya antrean panjang saat masuk pelabuhan dan penyeberangan ke kapal.

Atas keberhasilan prestasi perseroan, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan memberikan apresiasi kepada salah satu anak perusahaannya itu.

"Dulu saya memberikan nilai kepada ASDP cuma 5. Sekarang karena cukup berhasil maka saya ber nilai 7 dari total nilai 10," kata Dahlan saat ditemui di kantor Perhutani Kalibata hari ini pula.

Apresiasi kepada ASDP Indonesia Ferry ini bukan menjadi kesombongan bagi perseroan. Namun Dahlan mengingatkan agar perseroan bisa terus termotivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan angkutan Lebaran pada tahun-tahun berikutnya.

"Setelah operasi angkutan Lebaran ini selesai, kami lakukan evaluasi internal sehingga ke depan mereka bisa lebih antisipatif dalam menghadapi jumlah pemudik yang setiap tahun bertambah," tambahnya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X