Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Tiga Hari, Orang Utan Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 27/08/2012, 18:11 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Setelah tiga hari berusaha, akhirnya tim penyelamat berhasil mengevakuasi satu individu orang utan yang masuk ke lahan penduduk. Orang utan itu saat ini dibawa ke Markas Manggala Agni Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat.            

Manajer Program World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia program Kalimantan Barat Hermayani Putera, Senin (27/8/2012) mengatakan, orang utan itu Sabtu lalu masuk ke lahan penduduk di Wajok, Kabupaten Pontianak. "Prosesnya sulit dan baru pada hari ketiga orang utan bisa dievakuasi," ujar Herma.            

Proses evakuasi dilakukan oleh sejumlah lembaga antara lain BKSDA Kalbar, WWF Kalbar, International Animal Rescue (IAR) Ketapang, Yayasan Titian, dan Gemawan.

Minggu kemarin, orang utan sudah ditembak tiga kali menggukanan obat bius, tetapi tak berhasil dilumpuhkan. Baru pada Senin ini, orang utan kembali ditembak menggunakan obat bius dan berhasil dievakuasi.            

Hermayani mengemukakan, lembaga-lembaga terkait masih akan menganalisa dari mana asal orang utan itu. Namun, diduga orang utan itu kehilangan habitatnya di hutan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com